Cara Daftar BBM Baru di Android [Update]

- Cara Daftar BBM Baru di Android | Bagi para pengguna gres Android yang gres saja atau memakai perangkat Android banyak yang menanyakan bagaimana cara daftar buat mengaktifkan BBM di HP Android. Dan menyerupai yang diberitakan sebelumnya, gadget Android memang begitu diminati sejak BlackBerry dengan resmi mengumumkan bahwa instant messenger terkerennya, BBM dapat berjalan di perangkat Android. BlackBerry Mesenger atau yang lebih kerap disebut dengan BBM ini yaitu fitur chating yang disediakan oleh BlackBerry, pada awalnya fitur chatting ini hanya untuk para pengguna BlackBerry saja akan tetapi dengan berkembangnya waktu dan juga banyaknya peminat maka pihak blackberry rela melepaskan serta menyediakan untuk Android dan iOS.

Cara mendaftar BBM di android ini sudah saya praktikkan di hp Samsung dan work 100%, sesungguhnya caranya tidak jauh berbeda dengan aplikasi chatting lain, hal pertama yang perlu dilakukan sebelum mendaftar dan mengaktifkan BBM di android ialah dengan cara mendownload terlebih dahulu aplikasi BBM untuk Android namun pastikanlah terlebih dahulu bahwa android kau sudah mendukung fitur BBM yang ada disitus resminya di Google Playstore. Untuk itu simak beberapa cara Unduh dan daftar serta mengaktifkan BBM di Android berikut ini :

  • Download Aplikasi BBM
Sebelum anda mengaktifkan bbm di android,  pastikanlah bahwa anda ini telah mendownload aplikasi BBM di hp android, link untuk unduh BBM android via Google PlayStore=> klik disini. Setelah di unduh dan Instal, Selanjutnya pastikan juga anda memiliki alamat email di google dengan akhiran @gmail.com sehingga pada ketika mengisi pendaftaran bbm nantinya anda semua akan di mudahkan untuk mengikutinya karena pada ketika anda membuat akun bbm ID di android dalam proses pembuatanya di minta memasukan alamat email.

#Cara Daftar BBM Baru di Android

Apabila memang anda sudah mempunyai alamat email maka lanjut ke cara registrasi bbm android

1. Buka aplikasi BBM pada HP Android anda yang sudah terdownload dan terpasang di hp android anda..
2. Dalam proses registrasi BBM kami sarankan untuk menggunakan Email karena untuk proses konfirmasi nantinya. Nah silahkan Klik di Mendaftar dengan alamat email, kemudian anda akan disuruh mengisi data yakni User name, alamat e-mail dan kata sandi (password) (*Note: Untuk keamanan, kombinasikan password menggunakan abjad kecil, abjad besar dan angka, serta lebih baik jangan sama-kan password E-mail Gmail dengan Password BBM semoga tidak mudah di ketahui oleh orang lain), kemudian klik pada Buat Akun. (lihat gambar di bawah ini).

*PENTING..!!: Simpan alamat email, dan password BBM di notepad/ excel/ di kertas (bebas) untuk mengantisipasi kekhilafan dikemudian hari :D
Cara Daftar BBM Baru di Android
Cara Daftar BBM Baru di Android

3. Setelah anda mengisi data di atas dan klik pada buat akun, maka akan ada peringatan pop up apakah alamat emailnya sudah benar atau belum? Silahkan cek lagi, Jika sudah benar maka klik saja "Sudah Benar" kemudian ada notif lagi apakah ingin menerima info terbaru di BBM? Silahkan klik "Ya" nah dari situ proses pendaftaran akun bbm akan berjalan, silahkan tunggu beberapa saat. Jika koneksi mengagumkan akan semakin cepat, namun kalau koneksi lola ya semakin lama (di tunggu saja ya) hingga ada notifikasi pop up berikutnya.

4. Nah setelah itu akan ada notifikasi "Cari Teman" kalau anda ingin eksklusif mencari teman, silahkan klik OK, Namun pada pola kali ini saya ingin mencari temannya nanti saja toh saya ingin menambah temannya via invite PIN, jadi klik saja "Lompati" Nah kalau anda meng-klik Lompati maka akan ada notif lagi klik saja "Lewati" (lihat gambar di bwh)
daftar bbm - notif cari teman

5. Setelah itu anda akan diminta menambahkan foto profil, mampu memotret dulu, atau pilih dari galeri foto di HP anda, nah karena saya sudah ada foto di galeri hp android saya, jadi pilih "Tambah Galeri" kemudian silahkan pilih-pilih foto yang pas untuk dijadikan foto profil anda, (bebas sesuka hati). Kemudian kalau sudah ketemu silahkan di atur posisi fotonya, mampu di putar kekiri atau ke kanan, kemudian kalau sudah mantap, silahkan klik Simpan.
Cara isi foto profil BBM android

6. Dan taraaaaa... selamat anda berhasil daftar dan membuat serta mengaktifkan aplikasi BBM ID di HP android anda. (y)... Nah apakah hingga disini selesai? Belum, ada satu langkah lagi yang mesti anda lakukan semoga BBM anda benar-benar valid dan mampu digunakan, yakni Konfirmasi Email BBM.

#Cara Konfirmasi E-mail BBM

Mengapa kita mesti konfirmasi email BBM? dan apa kegunaannya?

Alasan mengapa kita mesti mengkonfirmasi email BBM kita yaitu semoga aplikasi BBM kita valid serta berjalan tepat dan yang paling penting untuk meminimalisir kesalahan kita dimasa mendatang. Misal, kita ganti Smartphone dan kita lupa password BBM kita, nah kita mampu mereset Password BBM kita yang mana link untuk mereset password BBM kita itu akan dikirim ke alamat e-mail ketika mendaftar BBM itu.

Sering saya mendapati diantara teman-teman saya yang tidak mengkonfirmasi email dari BBM, bahkan memakai alamat email yang tidak valid (alias ngasal/palsu). Sebenarnya sih bisa-bisa saja kita memakai e-mail yang tidak valid, namun resikonya ya begitu ketika kita lupa password, resah harus me-reset password itu kemana? yang pasti ga mampu ke saya y!! haha...

Lalu bagaimana cara meng-konfirmasi e-mail dari Blackberry messenger? Biasanya setelah kita berhasil mendaftar dan membuat Akun BBM ID android menyerupai diatas, akan masuk email dari BBM untuk konfirmasi email tersebut. berikut caranya:

1. Buka email Gmail, kemudian lihat ada email masuk dari >> donotreply - Balckberry ID anda telah di buat <= klik disitu. Nah silahkan baca pesan email yang masuk dari BBM, klik pada link "konfirmasi alamat email anda". (cek gambar di bawah).
konfirmasi alamat email BBM

2. Nah buka link tersebut menggunakan browser yang anda miliki, kalau saya buka saja pakai Chrome lalu klik "Selalu". Kemudian tunggu beberapa ketika hingga anda diminta untuk mengisi password (kata sandi) BBM anda, lalu klik "Kirim", Tunggu beberapa ketika hingga pada ucapan Terimakasih telah mengkonfirmasi Blackberry ID anda. (cek gambar di bawah)
konfirmasi alamat email BBM

3. Selesai... jadinya selesai juga yah Daftar Buat akun BBM ID android serta mengkonfirmasi Emailnya. Sippp (y).

#Cara Mengetahui Nomor PIN BBM

Nah setelah kita berhasil daftar & membuat akun BBM di HP android kita, selanjutnya mungkin bagi yang gres kenal BBM akan merasa bingung, lalu mana nomor PIN BBM saya?

Baik, admin akan memberitahukan dimana letak PIN BBM itu berada, apakah di rumah, disekolah, di kampus, ataukah di kantor? wkwk... engga ding bercanda. hehe... berikut cara mengetahuinya:

1. Buka aplikasi BBM android
2. Klik pada adegan menu, dimana adegan menu itu? adegan menu itu terletak di pojok kiri atas (berbentuk 3 garis horizontal). (cek gambar di bawah ini).

3. Nah ada 2 cara mengetahui letak PIN BBM. Yang pertama, Silahkan klik pada Foto Profil, nah di adegan bawah itulah Nomor PIN BBM kita. Cara kedua Silahkan Klik Icon Barcode (Kode batang) yang terletak di Pojok kanan atas, Nah disitu kita mampu melihat Nomor PIN dan Barcode PIN BBM kita. (cek gambar di bawah ini).


Apa fungsi dan barcode itu? Yakni untuk memindai (invite BBM tanpa menyebutkan PIN BBM kita), jadi tinggal arahkan kamera sahabat kita untuk menyoroti barcode tersebut sehingga akan terinvite secara otomatis.

4. Selesai? Belum he... kok belum terus kapan selesainya? he.. ada 1 tahapan lagi yang mesti ada lakukan, yakni konfirmasi tanggal, bulan dan tahun lahir.

#Konfirmasi Tanggal, Bulan dan Tahun lahir

Kalau BBM versi lawas, ketika mendaftar kita harus mengisi data kelahiran kita menyerupai tanggal lahir, bulan dan tahun, Namun ternyata untuk aplikasi BBM terbaru yang di update Agustus 2016 kemarin, kita tidak eksklusif mengisinya ketika itu juga, namun menunggu beberapa ketika setelah pendaftaran berhasil.

Berikut tampilan untuk mengkonfirmasi kelahiran anda, silahkan diisi tanggal, bulan dan tahun lahir.
Note: Data nya boleh sesuai (dengan kelahiran anda) boleh juga tidak, "bebas", untuk memudahkan (agar tidak lupa) memang sebaiknya sesuai dengan kelahiran anda, namun kalau anda tidak mau, ya bebas Asalkan data itu anda save di notepad/excel/di kertas bila suatu ketika BBM meminta konfirmasi data kelahiran tersebut.

Baca Juga: Mengatasi Lupa Password BBM

#Cara Login BBM Android

Mengetahui cara login BBM di Android yang benar itu sangat penting, terlebih ketika kita ganti device (ganti HP) atau kebetulan HP kita error, Blank, restart terus dan harus di service, salah satunya di Flashing, apa jawaban dari flashing itu sendiri? otomatis data di memori HP kita akan hilang dan otomatis juga Aplikasi BBM kita terhapus sehingga perlu untuk mendownloadnya ulang, sehingga kita harus login di aplikasi BBM kembali.

Bagi kau yang memang uptodate soal teknologi, mungkin ini duduk perkara yang sangat sepele, namun bagi merek yang awam, pasti akan sedikit kebingungan. Alasan saya menulis tutorial cara login BBM di android ini tak lain karena suatu hari saudara saya terkena petaka (kehilangan HP) sudah dicari kemana-mana tidak ketemu jadinya pasrah, karena kebutuhan akan smartphone baginya sangat penting terutama soal BBM (karena kita sedang membahas aplikasi BBM), jadinya esoknya beliau membeli HP Android baru.

Sampai disitu permasalahan belum selesai, karena beliau harus login pada Aplikasi BBM di HP androidnya yang baru. Dikarenakan beliau belum begitu paham teknologi, sehingga kesulitan untuk login, (sebab tampilan awal ketika kita buka aplikasi BBM yaitu form untuk Daftar BBM?, bukan form Login, sehingga yang seharusnya beliau meng-klik di Sign-in terlebih dahulu, malah beliau mengisi di form pendaftaran. (maklum) hehe..

Nah oleh karena itu saya akan mengulas cara login di aplikasi BBM Android terbaru disini:

Cara Login BBM android lewat email

1. Buka aplikasi BBM Android
2. Klik Sign-in (terletak di pojok kanan bawah) (gambar 1), kemudian klik pada "masuk dengan alamat email" (gambar no2), lalu di gambar no 3 isi alamat email dan password, kemudian klik Sign-in

Demikian tutorial Cara Daftar BBM Baru di Android + Cara login BBM menggunakan email (bagi yang belum mengetahuinya) :D selamat ber BBM ria. Like & Share kalau anda merasa terbantu dengan tutorial di atas. Thanks

1 komentar untuk "Cara Daftar BBM Baru di Android [Update]"