Cara Mengatasi HP yang Terkena Air (Tercemplung)

- Akhir-akhir ini, produsen smartphone memanglah telah mulai banyak melaunching product smartphone yang dapat tahan pada air. Pastinya dengan harga yang lumayan waw bagi kebanyakan orang, kesudahannya sebagian besar dari kita masih memiliki smartphone yang belum tahan air. Apa yang perlu kita perbuat untuk menyelematkan smartphone yang terendam air? Langkah simpel yang dapat dikerjakan untuk menyelamatkan HP dari terkena air yakni.
Cara Mengatasi HP yang Terkena Air (Tercemplung)
Cara Mengatasi HP yang Terkena Air (Tercemplung)

1. Segera Ambil HP dari Dalam Air

Walau terlihat tertutup rapat, air bisa gampang merembes kedalam Smartphone dikala terendam di air. Bila telat sedikit saja bisa menentukan hidup atau matinya gadget Anda. Mengeluarkan HP dari air sesegera mungkin, bila smartphone masih tampak menyala, segera matikan untuk menghindari korsleting.

2. Lepas Cover dan Aksesoris

Lepaskan semua aksesories ibarat cover, headphone serta casing, aksesories dapat memerangkap air sampai menyulitkan sistem pengeringan. Segera lepas semuanya sesudah hp di keluarkan dari dalam air. Lakukan pengeringan upayakan semoga lebih menyeluruh dibanding cara pertama keringkan sebanyak-banyaknya air dari sisi luar dana dalam hp anda lewat cara mengelap perlahan-lahan menggunakan handuk. Janganlah gerak-gerakan hp supaya air yang ada didalam tak bergerak ke sana-kemari.

3. Lepas Casing dan Baterai

Selekasnya keringkan hp dengan handuk atau kain lalu lepas casing serta baterai. ini merupakan satu diantara langkah yang paling utama, tetapi ini cuma berlaku pada smartphone yang baterainya dapat dilepas. Bila smartphone Anda mempunyai design unibody (tidak bisa melepas baterai) silakan lanjut kelangkah selanjutnya.

4. Mengeluarkan SIM dan SD Card

Mengeluarkan kartu SIM serta SD Card mengingat data-data yang ada didalamnya sangatlah penting. Walau ke-2 kompenen ini relatif tahan air baiknya segera keluarkan untuk menghindar munculnya beberapa hal yg tidak diinginkan. ibarat korosi di adegan kontak yang terbuat dari metal.

Baca Juga: 

Metode Pengeringan HP


Cara pengeringan HP yang tercemplung air ada aneka macam cara yang bisa anda lakukan yakni;

1. Keringkan dengan Silica Gel

silica gel
Mengeringkan hp dengan Silica Gel
Mengeringkan hp dengan Silica Gel
Masukkan HP kedalam plastik + beberapa buah silica gel kemudian ikan dengan rapat, diamkan selama 1 sampai 2 hari. Sebab silica gel bisa menyerap air dalam sebuah ruangan dengan cepat.

2. Keringkan dengan Beras

Mengeringkan hp dengan beras
Mengeringkan hp dengan beras
Jika anda tidak memiliki silica gel, sebagai penggantinya dengan menggunakan beras. Sebab beras bersifat higroskopis yakni menyerap air. Caranya ya tinggal masukkan saja hp yang sudah dipretelin casing, baterai, sim card dan SD cardnya pribadi ke dalam beras sampai menutupi seluruh body HP. Diamkan selama 1 sampai 2 hari.

3. Keringkan dengan Vacum Cleaner

Untuk mengeringkan air bisa menggunakan vacuum cleaner (jika ada). Nyalakan dan arahkan ke setiap adegan yang berair selama 20 menit. Metode ini bisa mengeringkan ponsel dengan cepat. Jika tidak ada vacum cleaner, bisa menggunakan kipas angin (pengalaman pribadi he...) selama semalaman atau seharian,

Selama waktu pengeringan, berdo'alah semoga HP anda bisa hidup normal kembali. Jika dirasa sudah tidak berair lagi, Bisa pribadi dinyalakan, kalau tidak bisa menyala kemungkinan ada korsleting. Proses pengeringan smartphone tak menjamin smartphone Anda bebas dari kerusakan, sistem pengeringan itu hanya dukungan pertama pada smartphone. Bila smartphone masihlah tak menyala walau telah yakin kering, hanya satu jalan keluar adalah membawanya ke service center.

1 komentar untuk "Cara Mengatasi HP yang Terkena Air (Tercemplung)"