Cara Mengaktifkan Kartu XL yang Sudah Mati Habis Masa Tenggang

Cara Mengaktifkan Kartu XL yang Sudah Mati Habis Masa Tenggang - Kejadian ini saya alami beberapa hari yang lalu tepatnya tgl 7 Desember, karena saya memiliki beberapa kartu sim ada XL, Simpati dan Smartfren. Kaprikornus salah satunya ada yang jarang di isi pulsa alasannya ialah si XL ini memang diperuntukkan hanya untuk nebeng internet ke Wifi Smartfren sehingga ia ini terlupakan :-( . Sebenarnya dari beberapa hari sebelum habisnya masa tenggang kartu XL saya sudah siap-siap untuk segera mengisi pulsanya, namun dikarenakan saya insan yang tempatnya salah & khilaf he... jadi terlupa deh. Dan gres ingat ketika malam 7 Desember pukul 00.13 wib, itu artinya sudah lebih 13 menit dari habisnya waktu masa tenggang. Dalam hati saya berucap (karena waktu sudah lewat jam 12 malam, masih aktif ga ya kartu XL ini? ) ah coba saya cek pulsa dulu ternyata masih aktif. Dikarenakan sudah larut malam dan malas keluar untuk beli pulsa, balasannya saya tinggal tidur saja entah bagaimana esok yang terjadi.

Dan ketika esok paginya saya cek.... tetottttt... tidak ada sinyal,, tidak ada sinyal.. itu menunjukan kartu XL saya mati, hangus, kadaluarsa, tidak mampu lagi digunakan. Huft.. yo wes lah. Namun saya tak berputus asa, saya coba tanya mbah Google mungkin dia punya solusinya. Ternyata benar, kartu SIM yang sudah mati karena habis masa tenggang mampu di aktifkan lagi dengan mengunjungi pribadi Galeri provider yang kita miliki + biaya admin, dalam hal ini karena saya memakai XL jadi harus datang ke galeri XL Center.

Namun saya berfikir lagi, isu yang saya dapat dari simbah Google itu sekitar tahun 2013, mungkin saja ketika ini berubah dan pasti ada biaya untuk mengaktifkan kartu XL yang sudah mati habis masa tenggang. Hemm.. dari pada saya pribadi pergi ke XL center dan ternyata duitnya kurang, lebih baik saya cari isu lagi. Saya coba masuk ke situs xl.co.id dan mencari fanspage FB atau Twitter XL, dan benar saja saya menemukan akun resmi twitter di @XLCare dan mencoba menghubungi customer service untuk permasalahan ini. Berikut screenshot percakapan saya dengan mba-mba XLnya via DM :D
Kaprikornus disitu dijelaskan bila ingin mengaktifkan kartu sim XL yang sudah mati habis masa tenggang kita harus ke XLCenternya pribadi dengan membawa kartu sim yang sudah kadaluarsa + KTP. Dan untuk biaya pengaktifannya Rp 26.000,- itu sudah termasuk dapat pulsa Rp 25.000,-. Trus yang Rp1000,- untuk apa? Untuk parkir kali wkwkw... Namun, bila sim cardnya hilang dikenakan biaya Rp 10.000,-. Tunggu dulu, benarkah biaya pengaktifannya hanya Rp 26.000,-? Simak dongeng selajutnya hehe..

Berbekal isu dari mba-mba CS XL saya harus XL Center, timbul pertanyaan, dimana XL Center terdekat di kota saya? hemm... saya coba masuk ke xl.co.id lagi untuk mencari isu tersebut.

Bagi anda yang sudah tau daerah XL Center terdekat silahkan Skip >> cara di bawah ini, namun bagi yang belum tahu, yukk kita cari tahu dimana sih lokasi XL Center terdekat? berikut ini caranya:

Baca Juga: Cara membuat BBM

Cara Mengetahui Lokasi XL Center Terdekat Di Kota Anda

1. Silahkan kunjungi http://www.xl.co.id/ sebaiknya buka lewat PC/Laptop
2. Lalu scroll ke bab bawah dan klik pada kalimat "XL Center Location" (lihat gambar di bawah ini)
3. Tunggu hingga loading peta map terbuka sempurna, kemudian klik pada goresan pena "Jakarta" (lihat Pada tanda panah di bawah ini) untuk memilih nama Kota daerah anda tinggal.
4. Nah dari situ didapatlah daerah XL Center yang tersedia, silahkan pilih yang terdekat. Karena saya tinggal di Bogor, hanya ada 1 XL Center dan itu terletak di Jl. Sudirman Bogor (tepatnya tidak jauh dari Air Mancur Bogor) silahkan di klik.
5. Maka akan terlihat jam buka pelayanan di XL Center
Jl. Jendral Sudirman No. 48, Bogor
Jam Buka:
Senin - Jumat (08.00 - 18.00) wib
Sabtu (08.00 - 17.00) wib
Minggu Tutup
Peta lokasi xl center Bogor

6. Selesai

Baca Juga: Cara Unduh Video di Facebook Android dan PC

Ok fix.. lokasi xl center sudah dapat, selanjutnya kita persiapkan Kartu SIM XL, KTP, Duit 26rb (lebih baik dilebihin untuk jaga-jaga) + kendaraan boleh mobil, motor, sepeda atau becak jg gpp asal hingga haha..

Selang 2 hari dari tanggal kadaluarsa kartu sim, tepatnya tanggal 9 saya gres mampu xl center dengan membawa perlengkapan di atas.

Ketika hingga disana, saya lihat Customer Servicenya ada 6 orang (hemm.. banyak jg) sepertinya ga bakal lama nih, dan juga tidak begitu banyak orang hanya ada sekitar 12-14 orang, mungkin karena saya weekday juga jadi terlihat sepi.

Benar saja, gres berjalan 10 menit, saya sudah di panggil , dan menyerahkan kartu sim xl yang sudah mati dan KTP asli.

Namun, tahukah anda, ternyata biayanya tidak sama dengan yang di bilang mba-mba CS XL di twitter @XLCare, kita harus membayar sebesar Rp 50.000,- what???
+Saya: Kok 50rb mas? saya tanya di @XLCare katanya 26rb..
-CS: iya mas, untuk yang 26rb nya sedang kosong.
+Saya: wew kok kosong? (hemm... dalam hati saya: "emang isi pulsa voucher mampu kosong, ini kan elektrik?)
-CS: iya mas, untuk yang 26rb nya sedang kosong.
+Saya: yo wes lah kalo begitu.

Positif thingking saja, mungkin memang begitu sistemnya. Lanjuuttt...

Baca Juga: Lupa Kata Sandi BBM Pada HP Android

Oia selain mengaktifkan kartu sim XL yang sudah mati alias hangus/kadaluarsa, saya juga mengupgrade kartu sim XL tersebut ke jaringan 4G, untuk layanan ini ternyata tanpa biaya seperpun Free alias gratis dan kita mendapat sim card yang baru.

ok,, Selesai untuk pengaktifan kartu sim + Upgarde ke jaringan 4G. Namun ada keganjilan..

Pulang dari situ, karena ada saldo Rp 50.000,- saya daftarkan paket internet hot road. Namun ada kecacatan ketika saya mengaktifkan layanan data yakni tidak adanya sinyal internet, saya cek kuota internet pun tidak bisa, saya coba masukin kartu sim XL ke hp yang lain tetep tidak ada sinyal internet, dan di masukin ke modem jg No service.. haiyyaaa.. ada apalagi ini?? ingin rasanya saya kembali ke XL Center untuk menanyakan problem ini. namun, karena jarak yang lumayan memakan waktu sekitar 45 menit, saya urungkan niat itu, saya coba bertanya dulu pada CS XL di twitter, berikut ini percakapannya:

Disitu dijelaskan permasalahannya karena belum di refresh dari sistemnya, haiyyaa.. entah jenis makhluk apa refresh itu wkwk...

Ok fix.. permasalahan semua clear.

Demikian pengalaman saya Cara Mengaktifkan Kartu XL yang Sudah Mati Habis Masa Tenggang + upgrade ke jaringan 4G XL.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Kartu XL yang Sudah Mati Habis Masa Tenggang"