4 APLIKASI ANDROID UNTUK MAHASISWA

Android di kalangan mahasiswa seperti sudah menjadi keharusan. Terlihat dari hampir seluruh mahasiswa pasti memiliki dan selalu menggunakannya dalam setiap kesempatan, termasuk saat mengerjakan berbagai tugas yang menumpuk. Android tidak akan terlepas dari adanya berbagai aplikasi yang menjadi ciri khasnya.

Ragam aplikasi yang dapat terpasang dalam android jusrtru menuntut penggunanya untuk pintar memilih aplikasi yang bermanfaat baginya karena tak jarang seperti kalangan mahasiswa justru terlena oleh aplikasi-aplikasi yang ”tidak jelas”. Namun, perlu diketahui bahwa terdapat berbagai aplikasi yang dapat digunakan mahasiswa agar lebih bermanfaat, terutama untuk berbagai keperluan belajar.

Terdapat beberapa aplikasi mahasiswa yang telah diciptakan sebagai salah satu sarana pendukung dalam proses belajar, diantaranya ExamTime, Easy Voice Recorder, Kindle dan Remember The Milk. Aplikasi ini bisa dikatakan aplikasi terbaik untuk mahasiswa yang ingin lebih terbantu dalam kegiatan perkuliahannya.

1. ExamTime

ExamTime adalah aplikasi yang ciptakan untuk menyimpan berbagai berbagai catatan penting. Sistem dalam aplikasi ini yaitu dengan membuat suatu peta pikiran atau mind maps. Tak hanya catatan (teks), aplikasi ini dapat menyimpan hal penting lain seperti audio, foto, dan video untuk dipetakan. Selain memetakan beberapa hal tersebut, aplikasi ini pun memiliki berbagai kegunaan seperti study group, private messaging, kalender online, dan study planner. Mahasiswa dapat memanfaatkannya sebagai sarana belajar, terutama saat akan menghadapi ujian. Catatan penting materi kuliah yang sebelumnya tersimpan akan dapat dilihat kembali kapan dan dimana saja.

2. Easy Voice Recorder

Mahasiswa berbeda dengan pembelajar pada tingkat sebelumnya, seperti SD, SMP, dan SMA yang selalu diberikan berbagai catatan oleh guru. Selain materi yang disampaikan oleh dosen, mahasiswa dituntut untuk dapat mencari berbagai referensi dan materi secara mandiri. Namun, tak jarang sebagian besar mahasiswa hanya mengandalkan apa yang disampaikan oleh dosen pada saat proses perkuliahan. Sebuah aplikasi android dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa saat proses perkuliahan. Easy Voice Recorder merupakan sebuah aplikasi android untuk merekam. User interface dari aplikasi ini sangat sederhana, hanya dengan menekan tombol ”rekam”, maka aplikasi ini akan bekerja dengan tangkapan suara yang berkualitas.

3. Kindle

Buku merupakan hal yang wajib dimiliki oleh mahasiswa. Namun, membawa banyak buku dan ketebalan buku justru menjadi kendala bagi sebagian mahasiswa. Kali ini, ada solusi terbaik untuk mengatasi kendala tersebut. Aplikasi dalam android bernama Kindle hadir dengan berbagai kemudahan untuk mahasiswa dalam hal membaca buku. Kindle merukan aplikasi yang memungkinkan untuk membaca e-book kapan dan dimana saja. Bahan bacaan pun akan lebih mudah ditemukan karena aplikasi ini pun dapat digunakan untuk membeli buku, jurnal, atau majalah.

4. Remember The Milk

Kesibukan mahasiswa untuk kuliah dan penyelesaian berbagai tugas tentu memerlukan perencanaan yang baik agar jadwal sehari-hari menjadi lebih efisien. Aplikasi android bernama Remember The Milk hadir untuk membantu mahasiswa dalam mengatur jadwal sekaligus mengingatkannya. Selain jadwal, pengerjaan dan pengumpulan tugas-tugas pun dapat dijadwalkan oleh aplikasi ini. Fitur lain yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa adalah proses back-up data setelah sinkronisasi secara online.
Keempat aplikasi ini merupakan aplikasi mahasiswa yang lengkap karena menunjang berbagai aktivitas belajar, dimulai dari mengatur jadwal, membuat catatan penting baik berupa teks atau audio, sampai dengan membaca buku yang dapat dilakukan kapan dan dimana saja. Mahasiswa sebagai individu yang mengutamakan pendidikan tentu saja harus dapat mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkannya secara cepat dan tepat dengan menggunakan berbagai aplikasi dalam android yang dimilikinya. Semua aplikasi tersebut bisa didapatkan dengan mengunduhnya dari playstore.

1 komentar untuk "4 APLIKASI ANDROID UNTUK MAHASISWA"