Tips Cara Mempercepat Booting HP Android

Cara Mempercepat booting android - Pernahkan anda mengalami suatu hal yang paling menjenuhkan, ketika harus menunggu begitu lama hingga dalam hitungan bermenit-menit hanya supaya melihat home screen ketika anda gres saja menghidupkan smartphone android milik anda. Hal ini mampu saja menimpa pada siapa saja yang mempunyai smartphone android yang tidak terawat. Mengapa proses loading booting mampu berlangsung sangat lama sehingga berbeda dari biasanya, ataupun bahkan mungkin ketika anda gres membelinya. Ada beberapa penyebab dan solusi yang mampu anda temukan pada artikel ini. Oleh karena itu silahkan simak pemaparannya dan ikuti step by stepnya. cek it bro.
Tips Cara Mempercepat Booting HP Android
Mempercepat Booting menggunakan ES Task Manager

Booting yang lama tidak lepas dari seberapa banyak aplikasi yang berjalan ketika perangkat anda tersebut gres dinyalakan ataupun mampu diketahui dengan istilah StartUp. Sehingga semakin banyak aplikasi berjalan sebagai StartUp, maka semakin berat dan lama pula perangkat tersebut ketika booting untuk memasuki home screen.

Namun jangan khawatir karena anda mampu dengan gampang mengatasi hal tersebut, ini berarti anda harus mematikan pada fungsi StartUp dalam beberapa aplikasi. Supaya dapat melaksanakan hal tersebut, sangat diharapkan aplikasi tambahan, karena secara default tidak terdapat pengaturan pada android yang mampu mendisable aplikasi yang berjalan sebagai StartUp.

Sehingga aplikasi alternatif yang dapat anda gunakan dalam memanajemen StartUp yaitu ES Task Manager. Dibawah ini cara mendisable aplikasi yang berjalan ketika perangkat android sedang melaksanakan booting (atau Start Up).

Cara menjalankan aplikasi ES Task Manager pada smartphone anda:
  • Silahkan unduh dan instal apps ES Task Manager disini
  • Kemudian jalankan aplikasi tersebut
  • Tekan icon menu pada adegan pojok kiri atas.
  • Pilih menu “Startup Manager”.
  • Selanjutnya pada layar akan tampil seluruh aplikasi yang berjalan sebagai StartUp, kemudian pilih tombol icon silang pada sisi kanan untuk nama aplikasi yang diinginkan, atau dapat juga menekan tombol “Optimize” yang ada di adegan bawah layar supaya mendisable StartUp aplikasi cocok dan secara otomatis. Selanjutnya anda mampu mengecek apakah perangkat telah kembali kepada performa yang awal ketika booting.

Selain cara di atas, ada juga beberapa tips yang mampu mempercepat booting android diantaranya ialah :
1. Matikan live wallpaper
Meskipun live wallpaper dalam ponsel android membuat penampilan ponsel tampak lebih atraktif, namun mampu memperlambat pada kinerja ponsel. Hal ini dikarenakan untuk membuat animasi yang terus jalan akan membuat ponsel anda dipaksa untuk terus bekerja. Sehingga mematikan live wallpaper, juga mampu membuat pergerakan scroll dalam desktop ponsel menjadi lebih gampang serta lancar.

2. Kurangi jumlah widget anda
Widget merupakan elemen ataupun sisi antarmuka grafis ataupun gui baik yang berbentuk kotak teks, dan tombol serta lainnya yang mampu menyuguhkan gosip ataupun pengaturan yang dapat dikurangi ataupun ditambahkan bagi pengguna. Jika widget yang anda pakai menyuguhkan gosip secara terus-menerus diupdate pada setiap waktu, hal tersebut mampu menyebabkan suplemen sistem telah menyedot memori dan mampu berimbas dengan perlambatan kinerja. Sehingga sebaikknya hapuslah sebagian widget pada adegan yang jarang digunakan.

3. Tutup aplikasi yang sedang jalan di background
Tahukah bahwa dengan menghimpit adegan tombol home dalam ponsel, mampu membuat aplikasi yang sedang jalan mampu terus jalan pada background. Ketika itu bila anda telah menghimpit tombol back dikala aplikasi tengah jalan, shingga mampu dengan otomatis menutup dan mematikan aplikasi tersebut. Sehingga ketika dikala itu jikalau anda mau membuka aplikasi yang lain, jangan lupa supaya menutup aplikasi yang sedang berjalan dengan cara menghimpit tombol back ataupun mematikannya dengan sumbangan task killer yang mampu anda unduh secara gratis di play store. Ini semua solusi dari mempercepat booting android.
Baca Juga: Memori RAM yang kecil merupakan permasalahan klassik bagi smartphone android masa kini, sehingga banyak permasalahan yang timbul ketika banyak aplikasi yang berjalan bersamaan. Namun anda jangan khawatir karena permasalahan itu mampu di akali dengan "menambah" virtual RAM, apakah itu virtual RAM? baca ulasan selengkapnya di postingan aku sebelumnya yang berjudul >> Cara "Menambah" RAM di Android.
Demikian biar bemanfaat.

1 komentar untuk "Tips Cara Mempercepat Booting HP Android"