Cara Mengatasi Bootloop Pada Android Dengan Mudah

Cara Mengatasi Bootloop Pada Android - Smartphone Android mengalami bootloop, mati total, atau tiba-tiba tidak dapat di-restart mungkin sering dialami pemilik Android yang sering mengutak-atik smartphonenya. Masalah ini sering membuat panik serta putus asa. Untuk itu bagaimanakah cara untuk mengatasi smartphone Android yang mengalami bootloop tersebut?

Cara mengatasi bootloop android yang paling mudah ialah dengan mengembalikan pada settingan pabrik atau yang dikenal dengan Factory Reset melalui proses Recovery Mode. Bagi Anda yang belum paham Factory Reset, harus kami jelaskan, bahwa Factory Reset merupakan proses mengembalikan settingan smartphone Android pada keadaan awal, alias settingan awal dari pabrik ketika awal dibeli.
Cara Mengatasi Bootloop Pada Android Dengan Mudah
Sebelum memulai cara mengatasi bootloop pada android, ada baiknya kita mengatahui jenis-jenis dari bootloop itu sendiri, Beberapa Jenis dilema Bootloop Android yang perlu diketahui yaitu:
  • Android Light Bootloop
Biasanya ponsel Android pada ketika penggunaan normal digunakan untuk mengInstall Aplikasi, bermain game dan lain-lainnya, kemudian tiba-tiba Android tersebut mengalami Reboot ataupun melaksanakan Restart secara otomatis, namun ketika dihidupkan lagi hanya berhenti hingga di logo saja.
  • Android Medium Bootloop
Biasanya mucul karena si pengguna mengutak-atik sistem Android serta masuk kedalam System Recovery, yang biasa dipakai untuk membuka system untuk root. Ini termasuk tipikal kerusakan menengah.
  • Android Hard Bootloop
Android hard bootloop mampu terjadi dikarenakan kita mengedit sricpt didalam Android. Misalnya ialah ketika Meng-upgrade OS, biasanya apabila kita bermaksud akan mengedit sricptnya kita harus melaksanakan rooting Android kita terlebih dahulu semoga dapat masuk kedalam system admin android. Bootloop perangkat Android tipikal ini umumnya mempunyai ciri-ciri ketika dinyalakan hanya dapat berjalan hingga logo saja,dan setelah itu tidak dapat bergerak lagi.

Biasanya setiap permasalahan yang ada pada tablet Android hampir mampu ditangani dengan melaksanakan proses Factory Reset. Akan tetapi, langkah ini juga dapat berdampak pada hilangnya banyak sekali data-data penting anda pada memori telepon yang sudah di-install diwaktu sebelumnya, sehingga anda harus melaksanakan proses install ulang lagi.

Sebaiknya, melaksanakan Factory Reset merupakan opsi terakhir bagi anda, apabila semua jenis solusi alternatif telah dilakukan serta belum mampu berhasil. Apabila anda telah yakin, bahwa tidak ada lagi solusi serta cara untuk mengatasi android boot loop yang lain, maka Anda dapat melaksanakan proses Factory Reset ini dengan cara ibarat dibawah ini:

Cara ini mampu anda lakukan kalau anda masih sesekali mampu masuk ke menu android, menu ini saya lakukan pada hp android samsung galaxy ace 3 (untuk type hp yang lain silahkan sesuaikan dengan menu yang ada), caranya:
  • Masuk pada menu Setting => Accounts => Backup and reset => Factory data reset => Reset device

Namun, apabila smartphone Android sudah mati total, sama sekali tidak mau di-restart, bagaimanakah cara untuk mengatasinya? Lakukanlah proses Factory Reset dengan jalan melalui prosedur Recovery Mode/Stock Recovery. Recovery Mode merupakan pilihan solusi alternatif dengan menu pilihan yang dapat digunakan untuk membenahi kerusakan software pada perangkat Android. Caranya dengan menekan beberapa tombol sekaligus secara bersamaan, masing-masing merek ponsel berbeda-beda, berikut cara masuk ke mode recovery berdasarkan merk ponsel:
  • Samsung, LG, Andromax - Tekan Volume Up + Power + Home
  • Cross - Tekan tombol Power + Volume Down
  • Advan - Tekan tombol Power + Volume Down hingga keluar tanda segitiga dan android kemudian tekan tomboh Home
Kemudian...
  • Untuk navigasinya volume Up untuk ke atas, volume down untuk kebawah dan tombol power untuk memilih, Pilihlah pada menu wipe data/factory reset
  • lalu pilih pada menu Yes --- deleted all user data
  • Beberapa ponsel akan pribadi restart dengan sendirinya, namun kalau ada pilihan lagi, silahkan pilih Reboot system now



  • Tunggu beberapa ketika hingga proses selesai
Dari situ semoga permasalahan bootloop android anda mampu selesai. Aamiin :D

Oia... mungkin tidak semua perangkat Android memiliki menu tersebut, maka untuk itu anda dapat menggunakan aplikasi buatan pihak lain, misalnya ibarat ClockwordMod Recovery dan xRecovery.
Apa kegunaan dari Recovery Mode ini? Kegunaannya bagi smartphone anda ialah sebagai berikut:
  • Apabila tablet Android tidak dapat di-start atau berhenti hingga di logo saja (biasa disebut bootloop Android). Hal ini dipicu oleh beberapa faktor, misalnya karena adanya aplikasi yang error, dapat juga disebabkan karena menginstall aplikasi yang tidak cocok dengan tipe smartphone.
  • Dalam kasus smartphone Android mampu dihidupkan, namun tidak mau merespon input dari si pengguna, misalnya saja dengan layar Android yang  tidak dapat disentuh atau tidak mampu masuk kedalam menu smartphone.
  • Jika Anda lupa dengan Password, Pin atau pada ketika Anda terlalu banyak melaksanakan proses percobaan didalam menggambar teladan atau pattern pengunci pada smartphone Android yang mampu mengakibatkan Anda tidak dapat masuk lagi kedalam menu.
Baca Juga: Cara membuka file rar / zip di hp android
Semoga artikel wacana Cara Mengatasi Android Bootloop diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Bootloop Pada Android Dengan Mudah"