Cara Cek NISN Kemdikbud Siswa SD, SMP, SMA

Cara Cek NISN Kemdikbud Siswa SD, SMP, SMA - Nomor Induk Siswa Nasional yang kemudian disingkat dengan NISN yakni layanan system administrasi nomor induk siswa skala nasional yang dikelola oleh Pusat Data serta Statistik Kemdiknas yang disebut bab dari aktivitas Dapodik ( Data Pokok Pendidikan ) Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan ( Kemdikbud ). Layanan NISN mengaplikasikan system komputerisasi yang terpusat serta online untuk administrasi nomor induk siswa taraf nasional sesuai Standard Pengkodean yang sudah ditetapkan.

Tiap-tiap siswa yang tercatat pada aktivitas NISN akan di beri isyarat unik sebagai pengenal identitas siswa, isyarat nomor NISN terdiri dalam 10 digit angka), standard serta berlaku selamanya yang membedakan antar siswa dengan siswa yang lain di semua sekolah yang ada di Indonesia.

Mekanisme pemilihan serta pertolongan isyarat tanda identitas siswa itu prosesnya dikerjakan dengan cara automatis oleh mesin computer pada Pusat Layanan NISN. Pemilihan serta pertolongan isyarat pengenal identitas siswa itu berdasar pada pengajuan atau input (entry) sumber data siswa yang sudah divalidasi / diverifikasi oleh tiap-tiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota / Kabupaten dengan cara online.

Hasil dari sistem pertolongan isyarat identifikasi oleh Pusat System NISN itu ditampilkan dengan cara terbuka dalam batasan spesifik lewat website NISN di http://nisn.data.kemdikbud.go.id.

Cara Cek NISN Kemdikbud Siswa SD, SMP, SMA


Anda dapat mengecek dan mencari NISN secara online sangatlah mudah yang terdiri dari 2 cara, yakni:

  • 1. Cek NISN siswa berdasar NISN

Mengenai caranya, silahkan anda kunjungi situs kemdikbud di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
kemudian isi nomor NISN siswa di kolom yang tersedia lalu klik Cari. (lihat gambar di bawah ini)
Cara cek NISN Kemdikbud siswa online berdasar NISN
Cara Cek NISN Berdasar NISN
Jika sudah maka akan menampilkan hasil atau data dari pemilik NISN tersebut dengan rincian Nama siswa, Jenis kelamin, alamat dan daerah tanggal lahir.
Hasil Pencarian berdasar NISN siswa secara online


  • 2. Cek NISN siswa berdasar Nama, daerah dan tanggal lahir

Nah bila anda belum mengetahui berapa nomor NISN siswa, anda mampu mengecek NISNnya berdasarkan nama, berikut ini caranya:

Kunjungi alamat website kemdikbud menyerupai di atas yakni di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data

Kemudian Klik pada kolom Pencarian berdasarkan nama, kemudian isi data yang diharapkan menyerupai nama siswa, Tempat Lahir, serta masukkan tanggal, bulan dan tahun kelahiran dengan format tgl/bln/thn rujukan 17/12/2000 setelah itu klik tombol Cari. (lihat gbr di bwh ini)
Cek Pencarian NISN Berdasar Nama Siswa
Cek Pencarian NISN Berdasar Nama Siswa

Maka akan menampilkan data NISN, Nama siswa, Jenis kelamin, Tempat serta Tanggal lahir menyerupai rujukan di bawah ini.
hasil pencarian NISN berdasar Nama Siswa
Demikian gosip mengenai Cara Cek NISN Kemdikbud Siswa berdasar NISN dan Nama, mampu digunakan untuk semua strata pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Cek NISN Kemdikbud Siswa SD, SMP, SMA"