10 Cara Menghemat Baterai Android


Cara menghemat baterai android kitkat, lolipop atau versi yang lainnya siapapun bisa melakukannya, karena semuanya tinggal mengatur sendiri dari settingan atau pengaturan di android itu sendiri tidak perlu melihat merk smartphone androidnya.

Kenapa baterai android cepat habis?

Daya baterai android berbeda, sehingga kapasitasnya juga akan beda juga.

Faktor utama penyebab batre android cepat habis dikarenakan faktor dari luar dan dalam android.
Faktor luar yang berasal dari intensitas penggunaan android oleh pemiliknya (kita) seperti bermain game, menonton video secara online.

Selain dari akibat penggunaan juga bisa berasal dari android itu sendiri yang disebabkan berjalannya aplikasi dalam android, mengingat adanya konektifitas jaringan internet yang bolak balik.


Cara Menghemat Baterai Android

Terkait dengan jenis dan daya baterai android yang berbeda satu sama lainnya durasi pemakaiannya berbeda pula, sehingga jangan menyama nyamakan smartphon kita dengan orang lain, tetapi dalam hal cara menghemat batre android sama saja.

Memang ironis ketika kemunculan android menjadi idaman kita karena kecerdasannya kemudian digunakan dalam menunjang berbagai keperluan, tetapi dalam hal daya baterainya masih kurang memadai (ini juga tergantung dari produsennya sendiri). Tetapi ya, yang namanya gadget dan teknologi sumber daya pendorongnya harus ada, jika tidak ada ya tidak bisa digunakan.
Cara menghemat baterai android

Jadi, ini balik lagi ke kita sebage penggunanya seperti apa perawatan dan bagaimana cara menghematnya.

Habisnya batrai android tidak disengaja dengan disengaja dilihat dari sisi penggunaan dan dari bawaan produknya, misalkan antara baterai android smartfren dengan advan akan berbeda tetapi titik temunya yaitu pola pemakainya sendiri. Ya kan?!

Oke.. Simak terus tips menghemat baterai android ini sampai beres

Tentu bukanlah hal yang sangat wajib di anjurkan mengenai cara menghemat baterai android, tetapi ini akan sangat membantu umur dari batre android anda. Untuk dengan melihat secara detailnya, lihat beberapa faktor dan caranya berikut ini:

3 Faktor Penunjang dalam menghemat baterai android

#1. Mengatur setelan smartphone android

Setiap Gadget tak terkecuali hape android ada bagian setelan yang disediakan pembuatnya yang bertujuan untuk menyelaraskan semua setelan dengan keinginan pengguna.

Dalam hal ini, setelan android akan mempengaruhi terhadap daya batre android ketika digunakan atau tidak dipakai.
Prosentase penghematan dari pengaturan HP android bisa dikatakan hampir 90%.

Maka upayakan pengaturan dalam settingan android anda harus memperhatikan terhadap kebugaran dari daya baterai.

#2. Pola pemakaian android

Setiap pengguna akan berbeda dalam menggunakan smartphone android sesuai kebutuhannya, untuk itu perlu di perhatikan pola pemakaian yang mana saja yang harus dihindari.

faktor penyebab baterai android cepat habis selanjutnya yaitu dalam porsi pemakaian, efektifitas yang tepat akan bisa menghemat baterai.

Nilai bantu dari sisi ini memang berpengaruh tetapi tidak begitu besar pengaruhnya. dan juga bisa berpengaruh bila kebiasaan yang ada tidak merujuk pada daya baterai.

#3. Menggunakan aplikasi penghemat baterai android

Ada banyak aplikasi penghemat baterai android tersedia untuk membantu memperpanjang usia hidupnya hp. Secara bebas kita ditawari untuk memilih salah satunya sesuai keinginan.

Mengatur setingan, efektif dalam menggunakan hp terkadang ada saja yang lainnya yang bisa memungkinkan baterai cepat habis, ada satu alternatif lagi adalah dengan memakai aplikasi penghemat baterai android.

Peran apikasi penghemat baterai android bisa mendapatkan posisi utama dari 2 kategori di atas, dimana cara menghemat baterai android dengan memakai aplikasi kita tinggal ikuti yang disarankan aplikasi tersebut.

Tetapi kekurangannya adalah terkadang suka ada iklan yang mengganjal di sela sela menjalankannya.

Tips dan Cara Menghemat Baterai Android

Secara gamblang di bawah ini semua tentang tips dan cara menghemat batre android
cara menghemat batre android

A. Mengatur setelan smartphone android

#A.1. Atur walpaper

Dari sekian cara menghemat batterai android, salah satunya adalah dengan melakukan pengaturan pada android kita melalui mengatur secara maksimal di layar anda.

Pada menunya ada untuk mengatur wallpaper yang memungkinkan bisa membantu menghemat baterai bila kita menggunakan wallpaper yang tidak terlalu mencolok, dan jangan menggunakan wallpaper online.

Jadi, untuk itu gunakan wallpaper berwarna kehitam hitaman dan jangan menggunakan layanan wallpaper online.

#A.2. Atur kecerahaan layar hp

Layar hp yang anda gunakan sekarang ini bisa jadi akan membuat baterai cepat habis bila pada setelan kecerahannya besar. Memang, untuk tujuan memberikan kenyamanan dalam melihat layar lebih terang tapi di sisi lain ini akan menjadikan daya baterai menipis.

Dan, selain itu dengan kecerahan yang disetting terlalu besar tentunya tidak baik juga bagi mata, alangkah lebih baiknya untuk menghemat baterai pada settingan kecerahan jangan full brightness

Untuk kenyamanan mata dan hemat energi baterai atur sekecil mungkin kecerahannya pada batas kemampuan anda melihat layar, serendah rendahnya kecerahan layar android pastinya kita tetap bisa melihatnya.

Bagaimana jika diatutnya pada posisi automatis?

Bisa anda gunakan! Namun, tetap jika di atur otomatis android tidak mengenal tingkat kinerja baterai.

Alangkah bagusnya dengan cara menentukan sendiri saja, di level terendah dan dalam batas wajar kejelasan penglihatan anda.

#A.3. Atur durasi sleep HP

Salah satu pengaturan dalam smartphone yang memungkinkan bisa beristirahatnya kinerja android adalah fitur sleeping phone, dengan tidak beroperasinya aplikasi dalam android ketika pada keadaan tidur sehingga kinerja baterai ini menjadikan lebih kecil dan berkurang.

Dalam menunya ketika anda melihat fitur sleep hp android ada beberapa pilihan waktu tidurnya. Untuk memaksimalkannya klik durasi waktu sleep paling lama yang ada disana.
Cara menghemat baterai android dengan pengaturan di durai sleep tidak memberi jaminan akurat, sebab berjalan settingannya tidak terlalu sering

Hitungan logisnya adalah, ketika hp dalam keadaan bekerja (hidup) ini memungkinkan aplikasi yang berjalan dibelakang akan membuat baterai terus menipis, ditambah dengan wallpaper atau screen saver online atau layar sehingga bila dalam keadaan anda tidak memakainya, tidurkan hp ande dengan waktu sleepnya yang terpanjang.

#A.4. Aktifkan layanan hemat baterai

Dengan mengaktifkan layanan hemat baterai yang ada pada android anda, akan membantu mengurangi keborosan baterai. Oleh karenanya perhatikan penghemat baterai pada hp anda agar pengatur penghemat baterainya aktif.

Memang pada beberapa android tidak disertakan modus hemat baterai, ini bergantung dengan pada versi androidnya. Coba perhatikan versi android anda, android lolipop sudah ada layanan ini.

Bila ingin lebih maksimal, bisa mendapatkan aplikasi di google play store.

Layanan hemat baterai ini akan menghentikan dan menghemat batre pada keadaan low batt

#A.5. Jangan mengaktifkan fitur getar

Dengan aktifnya vibrate (getar) saat menerima panggilan, sms atau peringatan lainnya maka akan membuat baterai anda terkuras lebih besar dibandingkan dengan aktifnya silent.

Memang penting pada waktu waktu tertentu mengaktifkannya, namun jangan lupa untuk mematikan layanan getar pada hp anda agar bisa menghemat baterei anda.

Untuk itu, pendukung lainnya dalam melakukan penghematan daya baterai android harus menonaktifkan fitur getar android anda.

B. Pola pemakaian android

Dalam menggunakan hape android orang orang berbeda beda gaya penggunaannya tergantung pada keperluan dan kabiasaannya, dan ini akan berbeda juga cara menghemat baterai androidnya tentu saja.

Ada beberapa pola pemakaian android yang bisa menjadikan daya baterai habis, oleh karena itu perhatikan beberapa hal berikut ini apa saja, dan bagaimana caranya agar bisa hemat baterai.

#B.1. Jangan memakai HP saat sedang di charge

Ketika dalam keadaan anda sedang bermain game, chatting atau lain sebagainya terkadang memakai android sambil di charger.

Pemakaian android ketika sedang di charge ini bisa mebuat baterai kita akan boros, dan akibat lebih lanjutnya akan membuat baterai rusak.

Jadi, alangkah lebih baik untuk menghindari kebiasaan ini.

#B.2  Kurangi menonton video secara online

Untuk menghemat baterai smartphone android selanjutnya adalah dengan mengurangi kecanduan anda dalam menonton video secara online atau melakukan streaming video.

Manfaatnya selain bisa menghindari keborosan baterai, juga bisa menghemat kuota data anda.

Lalu, bagaimana jika ada video yang kita sukai bisa ditonton tanpa harus streaming?

Caranya, lakukan langkah dengan mendownload vedoea terlebih dahulu dan simpan di dalam memori hp, dan lihat pada saat tidak online.

Dan, untuk yang maniak menonton video di youtube, anda tidak perlu mendownloadnya karena bisa mendapatkan video dengan mengklik layanan menonton video pada modus offline.

Cara Menghemat Baterai Android dengan tidak melakukan menonton video secara streaming akan sangat efektif sebab baterai android akan bebas dari tugas menahan daya untuk membantu kinerja pencarian sinyal oleh android.

#B.3. Hapus history pemakaian aplikasi

Aplikasi yang sudah kita gunakan sebelumnya akan berjalan di latar belakang sehingga akan menguras baterai android anda.

Terkadang kita suka lupa untuk menghapus riwayat penggunaan aplikasi, karena keasyikan menganti ganti aplikasi dari satu aplikasi ini terus itu, maka kemudian akan menumpuk.

Jangan salah bahwa ini akan menjadi faktor penyedot baterai andoid anda

Jadi, hapus riwayat pemakaian aplikasi pada android sebagai cara menghemat baterai android anda.

#B.4. Aktifkan mode pesawat

Cara menghemat baterai android selanjutnya adalah ambil waktu yang tepat saat anda benar benar tidak menggunakan android anda untuk mengaktifkan mode pesawat.

Mode terbang akan membantu menghemat baterai di sela sela kepadatan anda menggunakan android, karena dengan ini akan membuat lalu lintas data dan tidak berjalannya aplikasi pada hp android anda berhenti dan otomatis baterai akan tidak terkuras.

Jika menghitung prosentase pengaruh hematnya baterai dengan mengaktifkan mode pesawat ini, tentu memang tidak terlalu besar namun akan sangat membantu menghemat dan memperpanjang umur kebugaran baterai android kita.

Mode pesawat atau airplane mode akan membuat semua tranfer data dimatikan seperti matinya WiFi, paket data internet dan lainnya.

#B.5. Matikan GPS, WiFi, Hotspot WiFi, dan fitur sharing lainnya

Fitur yang ada dalam android secara umum kita tahu bahwa semuanya membutuhkan koneksi internet untuk menggunakannya seperti ada layanan GPS, WiFi, Thetering Hotspot WiFi dan berbagai fitur sharing lainnya akan secara tidak langsung konsekuensinya adalah terkurasnya baterai cepat habis dan tentunya juga memakan kapasitas kuota internet anda.

Untuk itu, untuk memaksimalkan dalam penghematan daya baterai android anda, ada baiknya matikan saja GPS dan yang lainnya seperti penggunaan radio atau meonton TV di android anda.

Sudah jelas dalam menonton tv secara streaming sama halnya menonton video di situs videoa lainnya yang akan mempekerjakan android anda terus bekerja mencari signal dan menyetabilkan saluran, dan ini sama halnya saat anda menggunakan radio.

Mengguakan radio bisa membuat baterai boros, ketika saat melakukan pencarian signal atau alamat frekuensi tertentu.

Untuk menggunakannya untuk keperluan tertentu ya boleh lah, dan jangan terlalu sering melakukan pengaktifan.

#B.6. Pakai widget yang penting saja

Widget merupakan aplikasi yang anda simpan di hp anda untuk keperluan anda, ada yang berjalan secara otomatis di latar ada juga berjalan saat hanya sedang diperlukan saja.

Penggunaan widget yang banyak tentunya akan membuat terkurasnya baterai lho.

Dari banyaknya pengguna android di tanah air banyak menggunakan widget sosial media atau chatting seperti facebook, g, twitter dan lain lain.

Maka cara menghemat baterai android anda terkait dengan widget ini, pakai widget yang penting saja, atau bahkan hanya satu atau dua widget saja.

#B.7. Atur fitur sync aplikasi

Layanan fitur sync memungkinkan data ditransfer secara tidak langsung di latar yang memungkinkan sistem bekerja terus, dan ini akan menjadikan baterai akan terkuras.

Untuk itu, fitur sync diatur pada keadaan tertentu.

C.  Menggunakan aplikasi

Dirancang untuk memberikan kepuasan dengan kecerdasan kepada penggunanya, tentu android membuat kita bisa mendapatkan manfaat besar.

Dan, selanjutnya seiring dengan besar manfaat dari android agar bisa tahan lama dalam hal kekuatan baterainya maka diantara beberpaa poin di atas, cara menghemat baterai hp android anda bisa menggunakan Aplikasi Penghemat Baterai Android.

Ada banyak aplikasi penghemat andoid yang akan membuat optimal dalam mencegah borosnya baterai hp android anda.

Tentunya tempat untuk mendapatkannya ada yang gratis dan ada juga yang berbayar, selanjutnya saya rekomendasikan untuk mencarinya secara leluasa di google play store.

Jadi, Sebetulnya cara menghemat batre android versi mana pun, atau brand apa saja merupakan akibat dari pola kita dalam menggunakan hp android, bilamana secara wajar dalam penggunaannya akan memperbesar usia batrai android, sebaliknya bila penggunaan dan settingan tidak pas akan memungkinkan daya baterai android kita cepat habis.


Itulah uraian mengenai bagaimana cara menghemat baterai android yang memungkinkan kita bisa secara tepat mendapatkan kepuasan dalam menggunakan android tanpa harus mengurangi kebutuhan yang diinginkan dalam penggunaannya.

Semoga menjadi bahan untuk anda dan bermanfaat tentunya.

Tentu banyak yang lainnya yang bisa dijadikan cara menghemat batre android yang bisa dilakukan, ini tergantung pada pengalaman dan pengetahuan kita.

1 komentar untuk "10 Cara Menghemat Baterai Android"