Bahaya Android untuk Anak! Baca dulu ini

Saat ini keberadaan android menunjukkan kemajuan teknologi perkembangan IT. Keberadaannya telah memasuki berbagai ranah kehidupan dari berbagai usia maupun profesi.

Hal tersebut pun dimanfaatkan oleh berbagai produsen android untuk berlomba-lomba menciptakan android dengan harga murah dan kualitas baik. Setiap merk android memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Begitu pula dengan dampak yang ditimbulkan oleh android, baik positif dan negatif. Namun, tanpa memerhatikan hal tersebut pengguna android tetap menjadi konsumen.

Keberadaan android memberikan dampak positif dan negatif. Walaupun demikian, para orang tua tetap memberikan android kepada anak. Sebenarnya ada dampak besar yang bisa bahaya bagi anak dari android, oleh karena itu, perlu dilakukan cara yang tepat bagi para orang tua sebelum memberi anak hp android.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua ketika memutuskan memberikan android kepada anak.

Tips Sebelum memberikan HP Android kepada Anak


Pertama, orang tua hendaknya menjadi digital parent.

Sebelum memberikan android kepada anak, sebaiknya orang tua memiliki kemampuan untuk menguasai android tersebut terlebih dahulu. Selain itu, dalam penggunaannya anak dibimbing oleh orang tua, sehingga orang tua mengetahui hal yang dilakukan oleh anak dengan androidnya.

Kedua, memilih android sesuai dengan kebutuhan.


Beragam jenis android membuat orang tua perlu memilih android yang cocok sesuai dengan kebutuhan anak.

Ketiga, batasan waktu

Orang tua perlu mengawasi waktu pemakaian android, sehingga anak tidak terlalu lama menggunakan android. Tentunya hal tersebut akan mengurangi dampak negatif android terhadap kesehatan.

Keempat, pasang password

Fitur password ada di setiap ponsel. Pemasangan password perlu dilakukan agar anak mampu bersikap waspada. Apabila suatu saat ponselnya hilang, data yang ada di dalam ponsel tidak dapat diakses oleh orang lain.

Kelima, pasang restrictions

Pada smartphone bersistem android atai IOS pengguna dapat mengatur restrictions. Restrictions merupakan larangan penggunaan aplikasi tertentu berdasarkan tingkat kedewasaannya. Apabila dinyalakan, aplikasi-aplikasi tersebut tidak dapat diunduh, dibuka, maupun diakses

Keenam, aplikasi gratis dan berbayar.

Melalui aplikasi ini anak dapat dengan mudahnya mengunduh berbagai aplikasi. Dengan demikian, hendaknya orang tua memilih akun dengan voucher berjumlah tertentu agar jumlah pengunduhan yang anak lakukan dapat dibatasi.

Beberapa antisipasi tersebut hendaknya perlu dilakukan oleh orang tua sebelum dan sesudah memberikan android kepada anak. Melalui antisipasi tersebut diharapkan orang tua dapat membentengi anak dalam penggunaan android.

1 komentar untuk "Bahaya Android untuk Anak! Baca dulu ini"